Rabu, 20 Juni 2012

Budaya Menulis di Indonesia


Budaya Menulis di Indonesia
Orang-orang Indonesia saat ini kurang atau minim budaya tulis-menulis. Baik itu orang kota maupun orang desa, khususnya bagi orang dewasa. Budaya menulis seakan budaya yang cukup langka di negara ini. Jarang sekali kita jumpai orang di sekitar kita yang mempunyai budaya menulis. Kita lihat saja teman-teman kita, tetangga kita kebanyakan mereka jarang menulis. Tetapi apabila ada yang rajin menulis itu merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya sendiri.
Menulis yang dimaksud di sini adalah menulis sesuatu yang bermutu, positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi orang-orang dalam hal ini para pembaca untuk melakukan sesuatu yang positif. Sehingga dari hal itu bisa menjadikan masyarakat sejahtera yang diperoleh dari kegiatan membaca dan menulis tersebut.
Ada orang yang berpendapat, bahwa orang yang suka menulis itu juga orang yang suka dengan budaya membaca. Sebaliknya orang yang suka membaca itu belum tentu orang itu suka dengan budaya menulis. Menurut saya ada benarnya juga dengan pendapat tersebut. Kerena menulis itu dibutuhkan suatu ilmu atau pengetahuan dari seseorang.
Menulis tidak hanya bisa dilakukan dengan media kertas saja. Menulis bisa saja menggunakan media internet yang merupakan media yang modern saat ini. Di internet bisa kita jumpai penyedia layanan untuk menyimpan dan juga mempublikasikan tulisan kita kepada orang lain. Ada Blog untuk menyediakan kita wadah untuk menulis di internet. Ada juga layanan media jejaring sosial untuk menyalurkan budaya menulis kita. Dengan media internet kita bisa berbagi ilmu kepada orang lain.
Saat ini banyak penyedia layanan Blog, baik gratis maupun berbayar. Hal itu membuat kita para pengguna internet seakan dimanjakan oleh penyedia layanan Blog tersebut untuk mengekspresikan diri. Kita bisa membagikan cerita, pengalaman, ide kita kepada orang lain. Bukan hanya tulisan saja yang dapat kita publikasikan kepada khalayak, tetapi juga foto-foto kita, gambar-gambar kita pun bisa juga kita publikasikan.
Memang saat ini sedang tren budaya menulis di internet. Saat ini masyarakat Indonesia sedang menunjukkan perkembangan budaya menulis khususnya menulis dengan Blog. Hal itu merupakan sesuatu yang positif karena bisa meningkatkan kesadaran akan manfaat teknologi dalam hal ini sebagai media untuk menulis.
Dengan adanya budaya menulis itu dapat memberikan banyak manfaat kepada kita. Bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain pun dapat memetik manfaatnya juga. Bagi penulis sendiri, penulis menjadi semakin peka terhadap perkembangan jaman. Dengan adanya perkembangan budaya menulis dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan bagi orang lain apabila ilmu itu disebarkan kepada orang lain.
Menulis adalah sebuah aktivitas positif. Dengan menulis, kemampuan berpikir seseorang akan diasah secara sistematis dan solutif. Mengapa demikian? Karena, berawal dari menulis seseorang akan mampu menciptakan permasalahan-permasalahan dalam tulisannya dan menyelesaikan persoalan yang ditulisnya tersebut secara kreatif. Sehingga, bisa dikatakan bahwa proses menulis adalah proses berpikir dewasa seseorang secara dignosa realistik sistemik.
Namun, sayangnya tak banyak orang Indonesia yang mengetahui manfaat menulis. Bahkan, mirisnya tak sedikit yang tidak mampu menulis juga. Merekapun tak mampu membaca dan mengenyam pendidikan. Sebuah kondisi yang sungguh memprihatinkan.
Kebudayaan Indonesia yang indah dan beragam tentu memberikan dampak menyenangkan bagi otak untuk menangkap ide dan menuliskannya dalam bentuk tulisan. Selain itu, dengan rutin menulis seseorang akan rutin pula membaca. Karena menulis dan membaca memiliki korelasi yang tidak akan pernah bisa dipisahkan.
Menulis merupakan proses kreatif yang mampu menambah kecerdasan seseorang. Impuls-impuls syaraf dalam otak akan teraktivasi sehingga bisa membantu mengurangi penyakit lupa atau kepikunan. Oleh karena itu, begitu hebatnya budaya menulis jika dibangun dalam kebudayaan Indonesia.
Dan ternyata, menulispun memiliki tingkat kesulitan yang lebih jika dibandingkan dengan berbicara. Melalui menulis, seseorang akan berusaha berpikir kritis untuk menuliskan sesuatu yang terucap dalam bentuk tulisan. Maka, menulis bisa dikategorikan sebagai senam otak yang mampu menyehatkan pikiran dan menumbuhkan kreativitas bangsa.
Kesimpulan.
Sebagai masyarakat yang berbudaya, haruslah disadari bahwa menulis merupakan langkah strategis dalam mengokohkan kepribadian budaya bangsa Indonesia.
Tentunya, sangat disayangkan sekali jika budaya menulis dengan segala manfaatnya itu tidak dibangun di Indonesia. Budaya menulis yang baik pasti akan menciptakan insan-insan Indonesia yang gemar pula membaca. Jika gemar membaca, maka pengetahuanpun akan meningkat. Dan, jika pengetahuan meningkat, maka tingkat kecerdasan dan moral bangsa akan bernilai luhur.  Hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perilaku masyarakat Indonesia secara luas kedepannya.
Semoga dengan semakin maju dan berkembangnya budaya menulis di kalangan masyarakat pada khususnya, dan warga Indonesia pada umumnya dapat menjadikan masyarakat kita sadar ilmu pengetahuan. Terlebih lagi menjadikan negara Indonesia tercinta semakin maju, dapat bersaing dengan negara-negara lain, khususnya negara tetangga kita.
Sumber: /tetsukoeika.wordpress.com, udinwidarso.wordpress.com/2012/02/01/budaya-menulis-di-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar