Senin, 19 Januari 2015

AUTOMOTIVE MULTIMEDIA INTERFACE COLABORATION (AMI-C)

1.      Penjelasan
Kolaborasi antar muka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Setiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.

2.      Tujuan
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.

3.      Kelebihan
·         Meningkatkan kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan seperti penggunaan media, komputer dan perangkat komunikasi.
·         Membantu pengendara untuk menghindari kemacetan dan memudahkan pengendara untuk menemukan lokasi tujuan dengan menggunakan sistem navigasi.
·         Meningkatkan keamanan dari kendaraan dengan standarisasi airbag, pintu kunci.
·         Meningkatkan efisiensi dari kendaraan.
·         Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
·         Layar interaktif.

4.      Kekurangan
·         Biaya yang mahal untuk melakukan penambahan multimedia.
·         Sulit untuk melakukan proses ketika ada sensor elektronik yang rusak
·         Media yang disajikan cukup banyak sehingga membutuhkan waktu untuk terbiasa dalam pengoperasiannya.
·         Terlalu banyaknya multimedia dapat menyebabkan pengendara tidak fokus dan dapat menyebabkan kecelakaan.

5.      Saran
Bagaimanapun kemajuan teknologi dalam berkendara, keselamatan dan keamanan harus tetap diprioritaskan, sehingga pengembangan untuk teknologi keamanan dan kesalamatan harus lebih diutamakan daripada pemasangan teknologi multimedia untuk kenyamanan, karena kenyamanan dengan multimedia seperti telephone, musik dan video player dalam berkendara juga dapat mengakibatkan kelalaian sehingga mnegabaikan keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

6.      Sumber
1)      http://mamedtraharjo.blogspot.com/2014/01/automotive-multimedia-interface.html
2)      http://jun-ker.blogspot.com/2015/01/automotive-multimedia-interface.html

3)      http://bryantpurba.blogspot.com/2015/01/automotive-multimedia-interface.html